Selasa, 03 Januari 2012

Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar

Bila Anda membeli buah musiman yang sudah matang, cukup letakkan dalam keranjang buah dan di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari, agar harum alami buah segar menambah rasa memikat dalam rumah.

Pada musim panas tidak cocok untuk menyimpan buah, sebaiknya membeli cukup untuk 1-2 hari, supaya dapat dikonsumsi dalam keadaan segar. Namun orang mo-dern sekarang ini karena sibuk, tidak mungkin sering berbelanja, terpaksa manfaatkan hari libur sekaligus belanja untuk keperluan 1 minggu.

Pada dasarnya mengonsumsi buah paling baik, segera setelah dipotong/kupas. Jika buah yang dibeli masih kurang matang letakkan saja pada suhu udara normal tunggu sampai cukup matang baru disimpan dalam lemari es.

Suhu dingin lemari es dapat mempertahankan kesegaran buah, merupakan tempat yang baik untuk menyimpan buah. Buah tidak perlu dicuci dulu, cukup dimasukan dalam kantong plastik atau kertas, agar kandungan airnya tidak menguap. Sebelumnya tusukkan beberapa lubang pada kantong buah supaya ada sirkulasi udara dalam kantongan menghindari terkumpulnya uap lembab yang dapat mengakibatkan busuknya buah.

Tidak semua jenis buah cocok disimpan dalam lemari es. Ada buah yang sifat bawaannya takut dingin, misalnya sebagian buah yang berasal dari daerah tropis, seperti pisang, mangga, pepaya dan lain sebagainya. Bila dimasukkan dalam lemari es kulitnya akan berbintik-bintik atau menjadi hitam kecokelatan, rasa dan kualitas buah akan menjadi rusak.

Suhu yang cocok untuk buah-buahan, antara 7 – 13 derajat Celcius. Namun ada yang membutuhkan lebih dingin lagi, misalnya apel, anggur, buah persik, buah prem, kesemek dan lain-lain.

Buah yang kulitnya keras, seperti semangka, nanas dan melon, dianjurkan langsung masukkan lemari es.

Buah yang kulitnya lunak, seperti apel, buah pir, mangga dan lain-lain, masukkan dulu ke dalam kantong plastik baru simpan di lemari es.

Untuk buah lengkeng dan leci, bila terlalu lama dalam lemari es kulitnya akan kering dan mengeras, bisa mempengaruhi rasa khusus buah tersebut, maka dianjurkan semprotkan sedikit air dahulu sebelum dimasukkan kedalam kantong plastik kemudian simpan dalam lemari es, dengan demikian bisa mempertahankan rasa segar buah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar